
Pasti  panik kalau dinamo starter mendadak ON terus. Padahal kunci kontak  sudah di posisi OFF, tapi komponen pemutar mesin itu masih tetap aja  berputar.
“Gejala ini tidak lain ulah dari bendik starter atau  peranti penghubung dan pemutus arus ngambek. Alhasil, setrum dari aki  yang di by pass ke motor starter tidak mau diputus. Khawatir terjadi  korslet atau kebakaran,”karim
bendik ngadat kerap dipicu batang penghubung setrum otomatis di  dalam bendik mulai berka–rat. Paling parah, lilitan gulungan kawat ada  yang korslet atau lemah. Akibatnya batang penghubung sulit balik dan  setrum dari aki sulit dibendung.

Langkah  awal mengantisipasinya dengan memutus setrum langsung dari aki, bukan  dari kunci kontak. Sebab tombol starter hanya berfungsi sebagai  pemicunya. “Bisa dengan melepas kabel setrum dari baut di terminal  positif-negatif aki, atau melepas baut masa yang ada di bodi motor  starter. Pilih yang ruangnya lebih lega dan mudah dijangkau," 
Antispasi  lain bersihkan batang penghubung yang mulai karat atau kotor. Tapi  pekerjaan ini hanya bisa diker-jakan mekanik ahli kelistrikan. Sebab  yang diperbaiki bukan cuma part mekanisnya, tapi juga  kelistrikannya.“Kalau mau aman mending beli bendik baru,” 
No comments:
Post a Comment