
Pernah  alami suara berisik dari bagian kopling di CVT skubek sobat? Coba  periksa dengan teliti. Sebab, gejala ini bisa diakibatkan dari karet  dumper kopling yang haus.
Iya, karet kopling itu lho. Part yang  berfungsi untuk menahan sepatu atau kampas kopling sentrifugal. “Kopling  ini ada tiga sepatu. Misalnya di Yamaha Mio. Jika karet ini aus, bisa  menyebabkan timbul suara tidak nyaman,” 
Sejatinya, kopling sentrifugal ini akan membuka untuk  menekan mangkuk kopling seiring bukaan gas. Gitu juga ketika rpm rendah,  maka kopling akan kembali ke posisi semula.

Begitunya  suara yang disebut di atas tadi timbul ketika sepatu kopling kembali ke  posisi asal. Kembalinya, tak lagi diredam karet yang kondisinya aus.  Akhirnya, sepatu itu berbenturan dengan sepatu kopling lainnya.
Gejala  lain yang ditimbulkan, ketika berjalan. Laju motor diawal berjalan,  se-perti tersendat sendat. Makin terasa ketika sering melakukan  buka-tutup gas.
“Kondisi ini disebabkan bukaan atau tekanan  kampas kopling ke mangkuk kopling tidak rata,” Jadi, siapa  duluaan yang menekan mangkuk, pastinya yang punya karet masih tebal  dong.
Ganti part ini, sobat kudu siapkan uang Rp 235 ribu untuk  satu set pe-rangkat kopling. Atau, bisa ganti karet aja harga Rp 5.000  satu karetnya.
No comments:
Post a Comment